Selasa, 03 April 2012

Asal Usul Marga Lubis


Nenek moyang marga Lubis berasal dari suku Bugis di Sulawesi Selatan. Adalah seorang bangsawan Bugis bernama Daeng Malela, bergelar Angin Bugis, yang mengembara ke sigalangan dengan membawa seekor Ayam jago.Daeng Malela disambut oleh seorang raja bermarga Dalimunte, dan mendapatkan kehormatan untuk tinggal di kerajaan tersebut. Oleh karena di saat itu masih sering terjadi perang antar kerajaan atau perang antar marga, maka Daeng Malela menawarkan jasa untuk membalas budi baik sang raja. Entah dari mana asal keahliannya, Daeng Malela menawarkan untuk membuatkan senjata yang handal untuk pasukan kerajaan, karena saat itu tidak ada pandai besi yang cakap dan senjata yang beredar di kerajaan pun kurang. Konon, apa yang dilakukan Daeng Malela serupa benar dengan yang dilakukan Empu Supa dalam abad Tanah Jawa. Kepada raja, Daeng Malela minta disediakan sebatang besi dan sejumlah takar atau batok kelapa sebagai bahan bakar tungku. Setelah besi dibakar hingga membara, maka Daeng Malela menempah besi tersebut menjadi sebilah pisau hanya dengan kedua belah tangannya. Konon pisau tersebut hingga sekarang masih ada, dengan cap jari-jemari Daeng Malela tertera di bilah pisau tersebut.

Maka Kerajaan Dalimunte pun beroleh kemenangan dengan senjata-senjata tempahan Daeng Malela. Oleh jasanya tersebut, Daeng Malela pun beroleh kehormatan, diangkat menjadi pandai besi kerajaan dengan gelar Namora Pande Bosi, artinya Pandai Besi Yang Terhormat, bahkan dinikahkan pula dengan putri raja yang bernma Putri Dalimunte naparila,artinya Putri dalimunte yang pemalu.
Suatu ketika, Putri dalimunte meminta Namora pande bosi untuk membawa burung yang di tembak di atas air.Namora pande bosi pun pergi menyumpit burung di tengah hutan dan seekor burung yang sedang berdiri di atas air berhasil di tembak nya.Kemudian,Burung itu di ambil oleh gadis cantik dari orang Bunian/makhluk halus yang bertubuh kasar/berwujud manusia.Gadis cantik itu meminta agar Namora pande bosi menikahi nya.Namora pande bosi pun menurutinya.pernikahan tersebut disembunyikannya agar tak diketahui sang raja. dari pernikahan tersebut lahirlah sepasang anak kembar yang bernama Si Langkitang dan Si Baitang.

Setelah beberapa masa, kala kedua putranya beranjak kanak-kanak, Namora Pande Bosi terpaksa meninggalkan mereka sebab sudah terlampau lama meninggalkan kerajaan, dan tentunya, istri sahnya.dari istri nya Putri Dalimunte, lahir lah sepasang anak kembar yang bernama Sultan Bugis dan Sultan Borayun.

Saat si Langkitang dan si Baitang beranjak dewasa mereka pergi ke kerajaan Dalimunte di sigalangan untuk mencari Ayah mereka, bertemulah mereka dengan Ayah nya dan mereka berdua tinggal bersama Namora pande bosi di Kerajaan Dalimunte.
Suatu ketika terjadi pertengkaran hebat antara Si Baitang dan Sultan Borayun karna berebut anak Namboru(anak paman), sehingga Namora pande bosi mengusir Si Baitang dan Sultan Borayun. Sebelum berpisah, Namora Pande Bosi menyerahkan seekor ayam kepada kedua putranya tersebut, dengan pesan agar dalam perjalanan mereka, hendaknya ayam tersebut dilepaskan dan di mana ayam tersebut berhenti, agar didirikan perkampungan.

Maka, dari Si Baitang dan Sutan Borayun lah menyebar marga Lubis di seantero Mandailing.Semua keturunan Si Langkitang dan Sultan Borayun menggunakan nama Lubis di belakang nama nya. Si Baitang adalah anak Namora pande bosi dari seorang gadis Bunian/Makhluk halus dan Sultan Borayun adalah anak Namora pande bosi dari seorang gadis manusia biasa.

Kata Bapak ku orang yang bermarga Lubis terbagi 2,Yaitu :
1.      Keturunan Si Baitang(Anak Bunian),ciri-ciri nya penakut  sama hal-hal yang berkesan Seram/Horror mungkin karna Si Baitang selalu mendekati.
2.      Keturunan Sultan Borayun(Anak Manusia biasa),ciri-ciri nya pemberani sama hal-hal yang berkesan Seram/Horror. 

 
Terdapat beberapa daerah yang berkaitan dengan sejarah marga Lubis, antara lain Kota nopan yang namanya berasal dari kata huta panopaan (kampung tempat penempaan/menempah besi), Muara Patontang yang namanya berasal dari muara sungai yang saling bertentangan (patontang: saling menentang), yaitu salah satu tempat ayam mereka berhenti, dan Muara Soro, tempat akhirnya sang ayam dimangsa singa, hingga Lubis yang berasal dari Muara Soro sering dijuluki Lubis Singa Soro. Begitupun, tempat yang dianggap sebagai cikal-bakal marga Lubis adalah Singengu, barangkali karena di Singengulah terdapat bagas godang (rumah adat) marga Lubis sekaligus tempat menyimpan tarombo (silsilah) marga Lubis.

Adapun kata lubis sendiri konon berasal dari kata bugis. Entah mengapa bisa sedemikian jauhnya berubah, barangkali saja orang Mandailing jaman dahulu terlampau acap mengunyah sirih hingga lidahnya bebal. Dari Bugis jadi LUBIS

177 komentar:

  1. Secara umum yg kita ketahui bahwa Marga Lubis yg berada di Mandailing Godang adalah lubisnya yang dari Muara Soro (Muara Patontang) daerah Singengu Kotanopan. Mudah2an ini benar ya.

    BalasHapus
  2. Coba di Baca Ulang ya Bang Aan di Link ini :
    http://sssz.tripod.com/Sejarah/namora.html
    http://www.mandailing.org/ind/kekrabatan-ml.html
    http://patuandolok.blogspot.com/2010/02/namora-pande-bosi-asal-usul-marga-lubis.html

    Mudah2an ini menjadi pembelajaran bagi kita Marga Lubis dari Tanah Mandailing.

    Satu lagi Bang Aan yang ingin saya sampaikan bahwa Suku Mandailing tidak masuk dari silsilah Raja2 Batak....Mandailing ya Mandailing, Batak ya Batak...saya bangga menjadi Anak dari Suku Mandailing.....semoga bermanfaat Bang Aan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bapak tdk mau di sebut batak sebagai marga lubis,maka buang bahsa percakapan yg kebanyakan bahasa batak toba dlm percakapan sehari hari bapak,dan klo lubis bapak tdk mau di akui batak maka lubis batak toba harus anda akui bukan saudara bapak mereka,maaf pak kita cmn mau meluruskan aja

      Hapus
    2. emang ada lubis batak toba?????

      Hapus
    3. Ada bg saya sendiri lubis batak toba

      Hapus
    4. justru Lubis Batak Toba banyak banget.
      Raja Lubis punya 3 anak : anak pertama Tumonggo Lubis (di Batak Toba), anak kedua Jovit Mangaraja (di Batak TOba, banyak di kota Hanuatas), anak ketiga Butohabosi, nah Lubis Butohabosi ini punya 4 anak, aanak ke-1 & ke-2 tetap di Batak TOba, lalu Namora Pandebosi dengan anak ke-3 (Baitang)& ke-4 (Langkitang) ikut bapak nya merantau ke Mandailing.. itulah yg menjadi kenapa banyak Lubis di Mandailing,.. tapi tetap lebih banyak yg di Batak Toba, karena hal diatas

      Hapus
    5. Atas saya baru benar,btw aku lubis batak toba

      Hapus
    6. "...yang ingin saya sampaikan bahwa Suku Mandailing tidak masuk dari silsilah Raja2 Batak... " -

      Maksudnya abang yang paling atas bukan tidak mau mengakui Batak.. atau Batak Toba.. tapi lebih menekankan kalau silsilah Marga Lubis bukan dari keturunan asli Raja-raja Batak.. begitu abang-abang sekalian.. ^_^
      malahan Asal Usul Marga Lubis dari suku bugis di sulawesi..

      Hapus
    7. Dalam kosa kata Batak Toba Lubis itu berarti angin atau alogo. Bahkan kerap disebut alogo lubis.
      Terlalu dibuat buat pernyataan yang mengatakan lubis dari bugis.
      Di Toba pun masih banyak marga Lubis dan satu wilayah bernama Lubis dekat Danau Toba.
      Namun mungkin saja dahulu ada seorang Bugis yang merantau ke Mandailing dan akhirnya bergabung menjadi marga Lubis.

      Hapus
    8. Horasss untuk saudara ku semuanya.

      Dlh nya marga lubis itu dr batak toba semuanya.
      Gara2 mengungsi ke mandailing.
      Makanya jdi ada lubis mandailing.

      Hapus
    9. Saya ASLI dari Batak mandailing. Saya Batak Mandailing dari desa Pakantan, Kecamatan Muara Sipongi, tapi Bapak saya & semua Opung Doli Lubis Mandailing kmi mengakui, bahwa nenek moyang kmi berasal dari Batak TOBA, jadi salah besar ya klo dibilang batak Mandailing itu berasal dari Bugis, itu cerita 'mengarang' dari mana ya kok bisa2 nya ato kok berani2 bilang Lubis dari Bugis? karena saya yg Lubis mandailing dari desa Pakantan, mwngakui klo semua nenek moyang Lubis berasal dari Batak TOBA,.. justru Lubis Batak Toba banyak banget.
      Raja Lubis punya 3 anak : anak pertama Tumonggo Lubis (di Batak Toba), anak kedua Jovit Mangaraja (di Batak TOba, banyak di kota Hanuatas), anak ketiga Butohabosi, nah Lubis Butohabosi ini punya 4 anak, aanak ke-1 & ke-2 tetap di Batak TOba, lalu Namora Pandebosi dengan anak ke-3 (Baitang)& ke-4 (Langkitang) ikut bapak nya merantau ke Mandailing.. itulah yg menjadi kenapa banyak Lubis di Mandailing,.. tapi tetap lebih banyak yg di Batak Toba, karena hal diatas

      Hapus
    10. marga lubis banyak di medan, mungkin aja lubis dari medan.. hehehe.. *becanda

      maaf saya gk pala tau kali bahasa batak mandailing, soalnya lahir di medan. kata bapakku kampungnya di pakantan, cuman gk pande bahasa lubis boleh lh maen2 kesana skalian cari pengalaman. percuma aja saya bermarga lubis tpi gk pande bahasanya..

      Hapus
    11. Terlebih dulu saya mohon maaf, jika saya ikut campur asal usul Lubis.
      Coba perhatikan bapak apakah ada kemiripan, sinonim atau kesamaan: Kata (kosa kata), abjad (sebagai dasar tulisan dan ucapan), adat istiadat bahasa Mandailing dengan Bugis? Apakah tidak lebih dekat dengan Batak Toba? Dari analisa seperti inilah kajian baru mendekati yg sebenarnya.

      Hapus
  3. Bang. Pingin belajar lagi nih ttg lubis. Ada perkumpulan lubiskah dijakarta ini?

    BalasHapus
  4. kalau bisa bang kita bikin perkumpulan lubis dijakarta
    kalau nasution aku lihat udah di bikin namanya IKANAS kalau inggak salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang setuju kali aku bang,kita buat aja ikatan lubis indonesia(ikabisnesia)

      Hapus
    2. Boleh tuh bang aku pun pengen banyak lebih tau tentang marga Lubis , soalnya aku Lubis dan ngga tau apa-apa tentang Lubis bapa udh alm. Jadi ngga tau aku Lubis apa :(

      Hapus
    3. saya prihatin dgn marga lubis disini,
      sebenarnya nenek moyang lubis itu SHANG MAIMA atau datu pulungan
      yg abAngnya adalah pasaribu yg nenek moyangnya DATU DALU.NAMUN mereka lain ibu tapi satu napak yaitu DATU POMPANG BALA SARIBU
      jd untuk LUBIS jgnlah jd dianggap pecundang ngaku dr bugis tp sebagian dari toba.apa anda punya mksd mau jadikan lubis dua versi ???
      saya yg menulis ini adalah pasaribu

      Hapus
    4. Bang kalau udh ada perkumpulan kita marga Lubis. Mohon informasikan ya BG sama aku.. ini bang nomor w.a aku.. kerna aku ingin lebih jauh lagi mengerti tentang marga ku.. Lubis..😍😘😘😘

      Hapus
    5. 082174677745... Salam hormat dari butuha bosi..🙏 oppung si raja na takkang... No 17

      Hapus
  5. Mohon infonya mengenai Tadolok dan Talombang, apakah itu benar kerajaannya marga lubis juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutadolok & Hitalombang adalah salah-satu dari 7 kampung kecil lagi di desa Pakantan, kecamatan Muara Sipongi, (mungkin klo di Jakarta sama seperti RT - Rukun Tetangga), spt : Hutabagot, Hutatoras, Hutadolok, Hutalombang. FyI didwsan Pakantan, aku berasal dari kampung Hutalombang, kuburan nya bapak ku & Opung Doli ku dikibur disitu. Horas madihita saluhut na

      Hapus
    2. Mohon maaf pak paul,saya juga berasal dari hutatoras,dan ibunya mama saya dari hutalombang. Pak paul tinggal dimananya?

      Hapus
  6. bangga aku punya marga LUBIS..Horasss la abang"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga bangga bg punya marga lubis :) Horas

      Hapus
    2. Lagu Batak baru, judul nya LUBiS. Enak banget didengar lagu nya : https://youtu.be/vhq5LnfzC3g

      Hapus
    3. Aku juga bangga ...horas lubis !!

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ise langa danak on,,menghina marga sajo karejo na,,keboratan au Ngon kata kata nia i,,aduon jolo danak on,,so iboto ia dunia na bolak on, ligi ma u jalaki ho sampe dapot.
      ngon jia ho langa parbodat (Zul fadli anjink)
      NAMA GW ; RADJA LUBIS.
      DARI PANYABUNGAN.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Anjing luh udah ngehina marga gua gua orang batak kau mau apa anjing lu ngomong gitu di depan muka gua langsung gua matiin luh punya mulut teh di jaga luh

      Hapus
    2. Saudaraku semua.....
      Tidak baik saling menghujat disini mari kita lebih dewasa menanggapi sesuatu dengan arif dan menjaga persaudaraan dan persatuan kita sebagai bangsa yang majemuk dengan mengedepankan BHINNEKA TUNGGAL IKA.
      Horas, mejuah-juah, yahowuu...

      Hapus
    3. Hei Zul farli jangan menghina marga kau ya bangsat

      Hapus
    4. Gw resling kepala luh! Butuh pak ang!

      Hapus
    5. Zul maen maen kau sama org batak. Mau kau ku makan hidup".

      Hapus
  9. saya mau tanya bang,
    1. apakah lubis benar berasar dari tanah bugis (sulawesi)?
    2. apakah perbedaan mandahiling dengan suku batak ( krna yang saya tau jika mandahiling termasuk sub suku dari batak). jika benar mohon berbagi sumbernya yang tidak ambigu. terima kasih

    BalasHapus
  10. saya mau tanya bang,
    1. apakah lubis benar berasar dari tanah bugis (sulawesi)?
    2. apakah perbedaan mandahiling dengan suku batak ( krna yang saya tau jika mandahiling termasuk sub suku dari batak). jika benar mohon berbagi sumbernya yang tidak ambigu. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba bantu jawab untuk yg nomor 2. batak dan mandailing itu berbeda. batak ya batak. mandailing ya mandailing.
      suku batak kebanyakan yg beragama kristen. dan mandailing kebanyakan yg beragama Islam.

      Hapus
    2. Udah intinyama kita sama sama dari sumatra ya itu dari medan

      Hapus
    3. Udah intinyama kita sama sama dari sumatra ya itu dari medan

      Hapus
    4. heheheheh....nomor 2. Mandailing adalah nama wilayah , sama dengan Toba, Dairi, Pakpak, Angkola.... sub etnik dari suku Batak....cuma pengaruh agama sebagian ogah mengaku Batak saat senang, namun begitu kesulitan di perantauan mengaku " iya sama itu, Batak juga kami" begitu kira kira kalimatnya


      Hapus
    5. Horas Agee Lubis. (1). Walau Batak digolongkan menjadi 6, yaitu : Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Angkola, Batak Simalungun, Batak Karo.. Namun semua Batak BERASAL DARI batak Toba. Karena org Batak sdh mulai banyak di Batak Toba, & ternak mrk bertambah banyak, sementara luas tanah tetap tidak berubah, daripada berkelahi sesama keluarga,maka org2 Batak Toba itu sebagian pada merantau, yg merantau ke arah Utara, itulah kelak dikemudian hari akn menjadi orag Batak KARO, yg merantau kearah Timur, kelak dikemudian akn menjadi org Batak SIMALUNGUN, yg merantau kearah Barat, kelak dikemudian hari akn menjadi org Batak ANGKOLA & Batak PAKPAK, dan org2 Batak Toba yg merantau kearah Selatan, itulah yg kelak dikemudian hari akn menjadi org Batak MANDAILING. (2). Jadi SALAH BESAR ya klo ada yg bilang Mandailing bukan Batak, dan SALAH BESAR klo ada yg bilang Lubis berasal dari Bugis, aduh reaearch penelitian ilmiah nya dari mana lagi itu ?? (3). Saya ASLI dari Batak MANDAILING. Saya Batak Mandailing dari desa Pakantan, Kecamatan Muara Sipongi, tapi Bapak saya & semua Opung Doli Lubis Mandailing kmi mengakui, bahwa nenek moyang kmi berasal dari Batak TOBA,.. justru Lubis Batak Toba banyak banget. Jadi awalnya Raja Borbor Marsada punya 9 anak yg kelak dikemudian hari ke 9 nama Anak2 nya AKAN MENJADI NAMA-NAMA MARGA DI BATAK, yaitu : Tanjung, Lubis, Pulungan, Harahap, Batubara, Manik, Gurning, Pasaribu. Ambarita. Yg sampai kapan pun Keturunn2 dari ke-9 marga-marga ini TIDAK BOLEH SALING MENIKAH, krn mereka masih satu bersaudara yaitu dari keturunan2 nya Raja Borbor Marsada. Lalu si anak ke-2 Raja LUBIS menikah dan punya 3 anak : anak pertama Tumonggo Lubis (keturunan nya banyak tinggal di Batak Toba), anak kedua Jovit Mangaraja (keturunan nya banyak tinggal di Batak TOba, banyak di kota Hanuatas), anak ketiga Butohabosi, nah Lubis Butohabosi ini punya 4 anak, anak ke-1 & ke-2 tetap di Batak TOba, lalu Lubis Butuhabosi ato Lubis Namora Pandebosi dengan anak ke-3 (Baitang)& ke-4 (Langkitang) ikut bapak nya merantau ke tanah Mandailing.. itulah yg menjadi kenapa banyak Lubis di Mandailing,.. tapi tetap lebih banyak yg di Batak Toba, karena hal diatas
      Mudah2an bis membntu ya dek.

      Hapus
    6. Lubis itu semuanya dari Batak Toba. Saya benar2 Batak Toba di perdalamanan kampung2 atau di sebut gunung di atas gunung, jadi cerita bohong atau gk benar, kalau Lubis dari bugis, aku ada buku tarombo dari nenek moyang dulu. Jgn asal ngomong atau kalau tidak tahu asal usul marga Lubis gk usaha banyak bicara. Makasi

      Hapus
  11. suku mandailing sebenarnya sudah bukan batak lagi sama seperti karo,yg dibilang batak cuma 3 toba,simalungun,angkola.kalo lubis itu udah gabungan dari berbagai suku yg bercampur sama batak.dan karna ada kemiripan yg cukup dengan batak makanya dia di sebut batak mandailing.tapi sesungguhnya mandailing bukan suku batak lagi mandailing dan karo sudah bisa dibilang telah menjadi suku sendiri.batak pertama yaitu Toba.kemudian simalungun dan angkola tetapi kenapa simalungun dan angkola tetap dibilang batak ya karna asalnya dari batak ke menjadi batak sedangkan mandailing bukan merupakan dari batak saja sudah banyak percampuran.dan satu lagi jangan pernah menyebut kami marga SITORUS marga mandailing.kami Sitorus marga asli Toba terlahir Porsea.banyak Sitorus pane klo ditanya jawabnya dari mandailing itu salah besar.tapi Sitorus Dori & Boltok kami mengakui kami asli Toba.jika anda berteman dengan Orang bermarga Sitorus Pane tolong sampaikan pesan ini. Mauliate...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukti sejarah ada di Istana Raja Junjungan Lubis di desa Tano Godang, Kecamatan Ulupungkut, Kotanopan...
      kalau tidak salah sejarawan/ ahli antropologi dari Universitas Indonesia yang memang orang Bugis Bpk. Anhar Gonggong pernah datang ke sana, itulah sebabnya Marga Lubis dan harahap bukan dari Etnis Batak... Mandailing bukan batak. logikanya, posisi tanah batak adalah di pedalaman, sejak kapan ada kebudayaan datang dari pedalaman? semua asal kebudayaan manusia berasal dari pesisir dan dari tepian sungai....

      Hapus
    2. Menurut Buku “Harahap Pargarutan” sendiri, asal-usul Marga Harahap disebutkan di buku itu:

      Setelah 90 generasi Suku Bangsa Batak mengisolasi diri di kawasan Danau Toba (?), suku bangsa Batak menjadi dua (2) golongan, yakni Golongan keturunan Raja ISUMBAON, dan golongan keturunan GURU TATEA BULAN.

      Guru Tatea Bulan, mempunyai lima (5) anak:
      1. Raja Biak-biak
      2. Tuan Saribu Raja
      3. Mangaraja Limbong
      4. Mangaraja Salaya
      5. Mangaraja Malau

      Tuan Saribu Raja yang menurunkan Marga HARAHAP, mempunyai tiga (3) anak:
      1. Mangaraja Lontung
      2. Mangaraja Borbor
      3. Mangaraja Babiat

      Orang Marga HARAHAP adalah keturunan Mangaraja Borbor, yang punya dua (2) anak:
      1. Bala Samahu
      2. Datu Altokniaji

      Bala Samahu punya satu (1) anak:
      1. Datu Tala Dibabana

      Datu Tala Dibabana, punya dua (2) anak:
      1. Rimbang Saudara
      2. Sahang Mataniari

      Rimbang Saudara, punya enam (6) anak:
      1. Datu Pampangbalasaribu
      2. HARAHAP
      3. Tanjung
      4. Pusuk
      5. Datu Pulungan
      6. Nahulau

      Penyebutan marga HARAHAP di belakang nama, disebutkan dimulai sejak cucu Rimbang Saudara dari HARAHAP. Jadi HARAHAP adalah NAMA, yang kemudian menjadi marga keturunannya.

      HARAHAP, punya satu (1) anak:
      1. Ompu ni Marguru HARAHAP

      Ompu ni Marguru, punya empat (4) anak:
      1. Si Misang Andor HARAHAP
      2. Si Andor Misang HARAHAP
      3. Ompu Toga Langit HARAHAP
      4. Manjungkit Tano HARAHAP

      Si Misang Andor, punya dua (2) anak:
      1. Tamanalom HARAHAP
      2. Ompu Gunung HARAHAP

      Disebutkan, keturunan Tamanalom ada yang pindah ke LUAT (PORTIBI), Padanglawas, kemudian mendirikan kerajaan disana, dan ada yang menurunkan HARAHAP Mompang.

      Ompu Gunung, menurunkan HARAHAP Simasom dan HARAHAP Joring di Angkola Julu. Keturunan HARAHAP Simasom, ada yang pergi ke Hanopan Sipirok, Hanopan Padangbolak, dan Janji Lobi Padangbolak.

      Si Andor Misang, punya dua (2) anak:
      1. Bangun Dibabuat HARAHAP
      2. Bangun Dibatari HARAHAP

      Mereka berdua masih bermukim di Toba, anak-anaknya kemudian migrasi ke Selatan, khususnya ke Angkola dan Padangbolak.

      Bangun Dibabuat, punya dua (2) anak:
      1. Ompu Sumur HARAHAP
      2. Tunggal Huayan HARAHAP

      Ompu Sumur, migrasi ke Angkola dan mendirikan kerajaan Pijorkoling, Angkola Jae, kemudian diberi gelar Mangaraja Imbang Desa.

      Tunggal Huayan, masih tinggal di Toba (desa Sibatangkayu), menikah dengan boru Situmorang dan punya satu anak (Mangaraja Ompun Jurung HARAHAP)

      Bangun Dibatari, punya lima (5) anak:
      1. Sutan Nabuttu HARAHAP
      2. Ompu Bilik HARAHAP
      3. Mangaraja Sulappe HARAHAP
      4. Sutan Pulungan HARAHAP
      5. Si Nasinok HARAHAP

      Sutan Nabuttu dan Ompu Bilik disebutkan pindah ke Morang, Panompuan. Sedangkan Mangaraja Sukappe dan Sutan Pulungan pindah ke Pangkal Dolok, Padangbolak. Si Nasinok, pindah ke Batangonang, Padangbolak.

      Keturunan Sutan Pulungan, disebut-sebut juga ada yang pindah ke Sababalik, Padangbolak; Simatonggong, Padangbolak; dan ke Marancar Godang.

      Disebutkan, keturunan Ompu Toga Langit dan Manjungkit Tano (anak Ompu ni Marguru), ada yang pindah ke Hutaimbaru.

      Ompu Toga Langit (Ompu Toga Lagijit, disebut juga Manjungkit Langit), punya dua (2) anak:
      1. Ompu Sodogoron HARAHAP
      2. Si Maujal (?)

      Ompo Sodogoron, menurunkan marga HARAHAP di Sabungan Julu, Hutaimbaru (Angkola Julu).

      Si Maujal (?), menurunkan marga HARAHAP di Sidangkal, yang keturunannya menyebar ke Huta Losung, Sitombol, Lasung Batu, Panyanggar, Sabungan Jae, dan Manegen. HARAHAP Sidangkal, disebutkan banyak menyebar ke Padangbolak.

      Manjungkit Tano, punya dua (2) anak:
      1. Si Maliot HARAHAP, di Binubu
      2. Si Maliotan HARAHAP, di Simandiangin Binubu

      Si Maliotan, punya dua (2) anak:
      1. Sende HARAHAP
      2. Bulu HARAHAP

      Sende, punya anak:
      Ja Bosar HARAHAP, disebut-sebut menurunkan HARAHAP Simatongtong di Pagarutan, yang kemudian menyebar ke Halumpang dan Siloting.

      HAMPIR SELURUH KELUARGA HARAHAP BERMIGRASI DARI TOBA, MENCARI TANAH PEMUKIMAN BARU KE BAGIAN SELATAN.

      Silsilah Marga HARAHAP

      Hapus
    3. Assalamuaikum.
      Berarti au Harahap Mompang, tarimo kasih da kahanggi. HORAS Marga HARAHAP sudena margani sasudena Marga BATAK on

      Hapus
    4. https://youtu.be/vhq5LnfzC3g

      Hapus
    5. ceritanya marga harahap, di komentar banyak yg cerita lubis loh... wkwkwkwk... fisss.. gk maksud menjelekkan..

      Hapus
    6. Syalom

      Apa sudah ada punguan lubis di jakarta ?

      Hapus
  12. Aku bukan orang bermarga sih, tapi mamak aku boru lubis. horas do ompung namora / daeng malela / sutan borayun / sibaitang / silangkitang / horas ma ita sude.

    BalasHapus
  13. kalau bukan suku Batak jadi bahasa apa yang dipakai di Mandailing, setahu saya bahasanya hampir sama, jadi gimana mandailing bukan suku batak??? Heran Mandailing

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bahasa mandaling gak? bisa bahasa batak gak? disitu kau akan banyak tau bedanya.....dari antropometri wajah dan anatomi saja sudah banyak perbedaan, apalagi secara genetika....membahas sejarah tidak bisa ditafsirkan cuma dari cerita yang tidak ada manuskrip dan data data logis, heran...ilmu sejarah kok disisipi oleh kombur malotup yang tak jelas datanya....

      Hapus
    2. maaf bang ya, setau saya ( kalo salah mohon dibenarkan) bahasa mandailing aslinya gaj jauh beda dari bahasa toba, cuman ada perbedaan beberapa kalimat sama beberapa huruf saya. kalo mandailinng bukan batak, tidak mungkin bahasa dan adatnya ada kesamaan. dan menurut sebagian orang budaya batak di mandailing hilang karna telah menganut budaya islam(bukan rasis ya) saya muslim. coontohnya nikah satu marga.

      Hapus
    3. maaf bang ya, setau saya ( kalo salah mohon dibenarkan) bahasa mandailing aslinya gaj jauh beda dari bahasa toba, cuman ada perbedaan beberapa kalimat sama beberapa huruf saya. kalo mandailinng bukan batak, tidak mungkin bahasa dan adatnya ada kesamaan. dan menurut sebagian orang budaya batak di mandailing hilang karna telah menganut budaya islam(bukan rasis ya) saya muslim. coontohnya nikah satu marga.

      Hapus
    4. Apapun asal usul tarombo kita ini semoga semua yg bermarga lubis bersatu padu.horas mahita sude salam Nanda Lubis

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. horas ita sude marga lubis ,, salam arie guntara lubis

      Hapus
    7. Horas Susana Fahrini, org/bahasa Batak Mandailing ya org/bahasa Batak juga, Walau Batak digolongkan menjadi 6, yaitu : Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Angkola, Batak Simalungun, Batak Karo.. Namun semua Batak BERASAL DARI batak Toba. Karena saat itu org Batak yg tinggalbdi tanah batak Toba sdh mulai semakin banyak & ternak mrk juga sdh bertambah banyak, sementara luas tanah tetap tidak berubah, daripada berkelahi sesama keluarga,maka org2 Batak Toba itu sebagian pada merantau, yg merantau ke arah Utara, itulah kelak dikemudian hari akn menjadi orag Batak KARO, yg merantau kearah Timur, kelak dikemudian akn menjadi org Batak SIMALUNGUN, yg merantau kearah Barat, kelak dikemudian hari akn menjadi org Batak ANGKOLA & Batak PAKPAK, dan org2 Batak Toba yg merantau kearah Selatan, itulah yg kelak dikemudian hari akn menjadi org Batak MANDAILING. (2). Jadi SALAH BESAR ya klo ada yg bilang Mandailing bukan Batak, dan SALAH BESAR klo ada yg bilang Lubis berasal dari Bugis, aduh reaearch penelitian ilmiah nya dari mana lagi itu ?? (3). Saya ASLI dari Batak MANDAILING. Saya Batak Mandailing dari desa Pakantan, Kecamatan Muara Sipongi, tapi Bapak saya & semua Opung Doli Lubis Mandailing kmi mengakui, bahwa nenek moyang kmi berasal dari Batak TOBA,.. justru Lubis Batak Toba banyak banget. Jadi awalnya Raja Borbor Marsada punya 9 anak yg kelak dikemudian hari ke 9 nama Anak2 nya AKAN MENJADI NAMA-NAMA MARGA DI BATAK, yaitu : Tanjung, Lubis, Pulungan, Harahap, Batubara, Manik, Gurning, Pasaribu. Ambarita. Yg sampai kapan pun Keturunn2 dari ke-9 marga-marga ini TIDAK BOLEH SALING MENIKAH, krn mereka masih satu bersaudara yaitu dari keturunan2 nya Raja Borbor Marsada. Lalu si anak ke-2 Raja LUBIS menikah dan punya 3 anak : anak pertama Tumonggo Lubis (keturunan nya banyak tinggal di Batak Toba), anak kedua Jovit Mangaraja (keturunan nya banyak tinggal di Batak TOba, banyak di kota Hanuatas), anak ketiga Butohabosi, nah Lubis Butohabosi ini punya 4 anak, anak ke-1 & ke-2 tetap di Batak TOba, lalu Lubis Butuhabosi ato Lubis Namora Pandebosi dengan anak ke-3 (Baitang)& ke-4 (Langkitang) ikut bapak nya merantau ke tanah Mandailing.. itulah yg menjadi kenapa banyak Lubis di Mandailing,.. tapi tetap lebih banyak yg di Batak Toba, karena hal diatas
      Mudah2an bis membntu ya dek

      Hapus
    8. Apakah lubis sama manik benar2 tidak bisa?

      Hapus
    9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. saya ingin mencari taromba marga saya lubis, saya kehilangan jejak, nama umpung saya Baginda raja japagu, yang kata asalnya dari Manambin erdarkan cerita ayah saya, namun saya sdh pernah ke manambin tdk ada di sana katanya, mohon saudaraku semarga dpt memberikan jalan buat saya, nama saya Ahmad Sofian Lubis, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti lah ku tanyak dulu sama ayah aku bang. Soalnya ayah aku lahir dan besar di manambin. Aku marga LUBIS bang.

      Hapus
    2. iya,,alm papa dulu juga di percaya sebagai imam dan khutbah di mesjid raya pasar kotanopan semasa tugas di depag.nnti kalo ada kabarnya di infokan aja ya,,

      Hapus
    3. Hubungi saja saya bg, nanti saya kirim tarombo nya, org tua saya cwo dari manambin, ompung saya si langkitang

      Hapus
  15. saya ingin mencari taromba marga saya lubis, saya kehilangan jejak, nama umpung saya Baginda raja japagu, yang kata asalnya dari Manambin erdarkan cerita ayah saya, namun saya sdh pernah ke manambin tdk ada di sana katanya, mohon saudaraku semarga dpt memberikan jalan buat saya, nama saya Ahmad Sofian Lubis, terima kasih.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. saya keturunan dari Baginda Sutan lubis,ayah saya bernama Alm.Ruslan Lubis Gelar Baginda Mudo,Abngnya Rusli Lubis Gelar Panglimo bandaro Mudo,adiknya Alm.Darmawi Lubis Gelar Sutan Mudo kira2 di blok ini ada yang satu turunan gak dengan kami,,kalo ada tolong infonya ya,,,salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ku tanyak dulu lah tu ayah ku ya bang. Mana tau dia salah satu keturunan Sultan Lubis.

      oiya bang, abang tau keturunan dan Baginda Sultan Lubis dari mana, apa nanyak sama ayah abang.

      Hapus
    2. lubis dari mana bang? dari kotanopan kah?

      Hapus
    3. Nama saya mohd AL ASRI LUBIS BIN RAJUDIN LUBIS. Saya berasal dari MALAYSIA dan NAMA PENUH AYAH SAYA RAJUDIN LUBIS BIN RAJA MUDA. di faham kan kami dari keturunan RAJA LUBIS

      Hapus
    4. ok lah,,kalo ada penjelasan nnt minta di kabarin ya,,iya semua cerita itu dari alm.papa,uak/tuo dan saudara dari pihak papa,,dan cerita org kampung (paroman Ampalu) tempat mrk sekarang juga mengakui bgtu

      Hapus
    5. Saya juga lubis bang,kakek dan nenek saya dari ayah dan ibu juga dari satu kmpung(pakantan) kami pakantan di hutatoras. Saya juga pernah tau baginda Sutan lubis. Skrg saya tinggal di tebing tinggi,nama kakek saya Pasoman Lubis. Kiranya jika perlu pencerahan bisa bertanya sama kakek saya bg. Boleh minta kontak abg?

      Hapus
  18. sebenarnya suku mandailing memang tidak ada hubungan dengan batak, dan kalo menurut cerita orang tua atau ompung2 saya mandailing itu lebih tua dari batak. jadi kalo begitu kok mandailing masih dibilang batak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro sejak kapan mandailing lebih tua dari batak, begini utamanya kalau bisa mandailing di bandingkan dengan batak toba ( di ambil tobanya aja dulu jangan batak) berarti menurut sejarah toba di mulai dari 75.000 tahun SM sebelum letusan gunung super toba di sumatera. Bahkan akhir abad 17 seorang ilmuan yang bernama wiliam marsden menemukan alat lukis dan lukis di samosir ingat SAMOSIR dan di teliti umurnya jauh sebelum letusan gunung super toba terjadi di tahun 75.000 itu bahkan di duga sebagai nenek moyang orang batak ( Toba ) liat penjelesanku di bawah. JADI BRO ADA BUKTIKAN ILMUAN MENEMUKAN BARANG BUKTI INI. JIKA BUKAN KARENA LETUSAN GUNUNG SUPER TOBA YANG KONON MENGHABISKAN 2/3 BUMI NISCAYA ORANG TOBA SEKARANG INI BRO JAUH LEBIH BANYAK PENDUDUKNYA DAN BISA DI TELITI ASAL USUL INI, BAHKAN ILMUAN PUN JUGA MENGATAKAN ORANG BATAK telah datang bertahap yakni 7.500 sm. 6.500 sm 4.000 sm sampai akhir 2.000 sm. karna orang toba DI DUGA TELAH ADA PULUHAN TAHUN SM ini menjadi bukti bahwa ini lebih tua dari mandailing yang kamu percaya asal usul utamanya lubis 1.500 M (bukan SM) jadi intinya nama BATAK INI ADALAH SEBUAH PERSATUAN EKNIK DARI SELURUH NAMA DAERAH DULU, ORANG TOBA ORANG MANDAILING KARO DLL. JADI APA SALAHNYA NAMA BATAK INI ADALAH NAMA EKNIK KALIAN HARUS BANGGA, BUKAN MEMANDINGKAN EE, ORANG DAYAK SAJA YANG TERDIRI DARI BEBERAPA SUB SUKU AJA MENGAKUI DAYAK AJA NAMA EKNIK, ITULAH KENAPA NAMA BATAK INI ADA UNTUK PERSATUAN KITA KARNA PERBEDAAN BAHASA AJA SEDIKIT RAS AGAMA SAMPAI DI BILANG BUKAN BATAK, LAGIAN ORANG BUGIS AJA MERANTAU NANTI DI ABAD PERTENGAHAN 17 M JAUH DONG LEBIH TUA 200 TAHUN LUBIS

      Hapus
  19. Kalau aku dari lubis keturunan israel, dimana kakek ayahku seorang israel menikah sama orang mandailing terus masuk islam dan mengambil marga lubis

    BalasHapus
  20. Gelar Bangsawan di Kerajaan² kecil di daerah Mandaling sangat banyak kemiripan nama. Contoh : Sulunggaon, Panusunan, Junjungan. Banyak terdapat di Tarombo / Silsilah. Saya Lubis dari Patahajang keturunan ke IX dari Raja Tinggi Gunung. Raja Tinggi Gunung berasal dari keturunan Lubis Si Baitang asal Manambin.

    BalasHapus
  21. ada perkumpulan marga lubis tidak di jakarta?

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum.......
    kahanggi tolong diperjelas siapa yg sebenarnya yg di usir namora pandebosi dari kerajaan Dalimunte apakah silangkitang dan sultan borayun atau silangkitang dan sibaitang. ada juga pernah saya baca di blog saiful ahmad lubiss yang diusir dari kerajaan dalumunte adalah silangkitang dan sibaitang, bukan silangkiatang dan sultan borayun, mohon penjelasannya kahanggi, dia do nabotulna. tarimokasih da..wassalam

    BalasHapus
  23. Menurut saya memahami asal usul marga harus dikaji dari latsar belakang sejarah, kemudian dikuatkan dengan bukti bukti agar lebih ilmiah atal logis...
    Nah....banyak orang yang menyatakan lubis berasal dari batak toba...pertanyaannya dimana pososi NAMORA PANDE BOSI DAN AYAHNYA dalam torombo tersebut sebab jangan hanya klaim tapi tak bisa dijelaskan

    Jika ingin tahu rekam jejak namora pande bosi, tidak bisa lepas dari keluarga besar marga Dalimunthe di sigalangan.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ling tarombo lubis batak toba disitu tertera Namora pandebosi

      Hapus
  24. Fauzi hasibuan mungkin bisa baca ini detail Namora Pandebosi Versi Mandailing

    http://khariansciloen.blogspot.co.id/2015/04/tarombo-lubis-dan-pulungan-versi.html?m=1

    BalasHapus
  25. hay saya bukan keturunan suku batak tapi boleh yah saya bertanya.. teman saya asal dari jogja, tapi orang tuanya menyematkan nama lubis di belakangnya.. itu bermasalah atau tidak yah walaupun bukan asli dari keturunan marga lubis hanya sebagai sematan saja. karna orang tuanya menyukai nama lubis.. bagaimana tanggapan teman-teman makasih ya salam santun

    BalasHapus
  26. hay saya bukan keturunan suku batak tapi boleh yah saya bertanya.. teman saya asal dari jogja, tapi orang tuanya menyematkan nama lubis di belakangnya.. itu bermasalah atau tidak yah walaupun bukan asli dari keturunan marga lubis hanya sebagai sematan saja. karna orang tuanya menyukai nama lubis.. bagaimana tanggapan teman-teman makasih ya salam santun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marga adalah suatu tanda keturunan bagi masyarakat batak, nama belakang saya menggunakan lubis karena saya murni keturunan lubis ( bapak saya marga lubis) jika tadi bapak kawan saudari menggunakan lubis karena suka itu tidak sah, tapi ada suatu istilah bagi masyarakat batak yaitu pemberian marga bagi suku lain yg ingin masuk ke dalam keluarga batak, jadi bapak kawan saudari tadi perlu melakukan itu untuk mensahkan marganya yaitu dengan menjumpai pentua2 lubis. Thanks

      Hapus
  27. Buat saudara/i ku marga Lubis yg daru batak toba kita itu keturunan dari datu pulungan lubis bukan namora pande bosi, namora pande bosi keturunanya ada di daerah mandailing, tapi yg saya baca dalam tarombo batak dalihan na tolu, datu pulungan lubis dan namora pande bosi adalah saudara. Jika kita ingin tahu lebih lagi tentang marga kita masing kita harus baca sumber yg terpercaya bukan KONON KATANYA karena marga batak bukan sekedar dongeng. Dalam silsilah raja batak namora pande bosi bukan awal dari adanya marga lubis. Tapi bagaimana pun namanya juga marga lubis kita pasi punya tali keturunan yang sama dulunya. Semoga bermanfaat yah

    BalasHapus
  28. Buat saudara/i ku marga Lubis yg daru batak toba kita itu keturunan dari datu pulungan lubis bukan namora pande bosi, namora pande bosi keturunanya ada di daerah mandailing, tapi yg saya baca dalam tarombo batak dalihan na tolu, datu pulungan lubis dan namora pande bosi adalah saudara. Jika kita ingin tahu lebih lagi tentang marga kita masing kita harus baca sumber yg terpercaya bukan KONON KATANYA karena marga batak bukan sekedar dongeng. Dalam silsilah raja batak namora pande bosi bukan awal dari adanya marga lubis. Tapi bagaimana pun namanya juga marga lubis kita pasi punya tali keturunan yang sama dulunya. Semoga bermanfaat yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITO mohon chat aku ITO.. ini no w.a aku 082174677745 aku marga lubis nya ito

      Hapus
  29. Terima kasih informasinya, saya ingin sekali mendalami silsilah saya,alm. Opung saya bergelar Sutan Basir Lubis dan alm. Ayah saya bernama Panusunan Lubis dan saya bernama Ismail Panda Lubis.SH. saya lahir di pintu padang dan besar dilangkat dan sekarang saya tinggal di tenggarong kab.kukar prop. Kaltim.

    BalasHapus
  30. Terima kasih informasinya, saya ingin sekali mendalami silsilah saya,alm. Opung saya bergelar Sutan Basir Lubis dan alm. Ayah saya bernama Panusunan Lubis dan saya bernama Ismail Panda Lubis.SH. saya lahir di pintu padang dan besar dilangkat dan sekarang saya tinggal di tenggarong kab.kukar prop. Kaltim.

    BalasHapus
  31. Ini mgkn sekedar legenda. Dan sangat banyak bertentangan dgn logika. 1) kalo lubis keturunan.bugis, tentu akan terbawa sebagian.budayanya, bugis bukan patrikhat, tdk mengenal marga. Kemudian dgn uraian di atas, dan dikaitkan dgn salah satu testimoni, disimpulkan generasi lubis di mandailing sekitar IX-X generasi, sedangkan lubis yg di Toba, sdh sampai ke XXV. 2)Bagaimana mgkn, manusia kawin dgn bkn manusia, dan melahirkan manusia?

    BalasHapus
  32. Sebagai marga lubis yg tinggal di sangkar minang,kami sangatlah membutuhkan info tarombo lubis.namun yg jelas kakek dari ayah saya bernama pendekar kadin yg berasal natal dan pembawa pertama silat nata ke ujung gading pasaman barat.mohon infonya bg teman2 kl ada yg mengetahui...

    BalasHapus
  33. kenalkan saya a h pulungan,buat itoku may suriani,apa benar marga lubis itu keturunan dari datu pulungan,dr mana sumbernya ito,soalnya saya jg prnh dgr gitu,tp byk yg tdk setuju dgn pendapat itu

    BalasHapus
  34. http://muhammadnambin.blogspot.co.id/2013/11/silsilah-dan-asal-usul-marga-marga.html

    BalasHapus
  35. http://muhammadnambin.blogspot.co.id/2013/11/silsilah-dan-asal-usul-marga-marga.html

    BalasHapus
  36. saya lubis juga.tapi sayang nggak taulubis dari mana.yang saya tau saya lubis sebab alm ayah saya lubis.membaca sejarah dan adal usul lubis lebih memeningkan kepala saya.cerita mana yang sebenarnya.wallahu 'alam.

    BalasHapus
  37. saya lubis juga.tapi sayang nggak taulubis dari mana.yang saya tau saya lubis sebab alm ayah saya lubis.membaca sejarah dan adal usul lubis lebih memeningkan kepala saya.cerita mana yang sebenarnya.wallahu 'alam.

    BalasHapus
  38. saya lubis juga.tapi sayang nggak taulubis dari mana.yang saya tau saya lubis sebab alm ayah saya lubis.membaca sejarah dan adal usul lubis lebih memeningkan kepala saya.cerita mana yang sebenarnya.wallahu 'alam.

    BalasHapus
  39. saya lubis juga.tapi sayang nggak taulubis dari mana.yang saya tau saya lubis sebab alm ayah saya lubis.membaca sejarah dan adal usul lubis lebih memeningkan kepala saya.cerita mana yang sebenarnya.wallahu 'alam.

    BalasHapus
  40. saya lubis juga.tapi sayang nggak taulubis dari mana.yang saya tau saya lubis sebab alm ayah saya lubis.membaca sejarah dan adal usul lubis lebih memeningkan kepala saya.cerita mana yang sebenarnya.wallahu 'alam.

    BalasHapus
  41. Horas......
    Trima kasih sudah diberi penjelas walau ada sedikit menyimpang dari coment.

    Sedikit saja saya jelaskan kembali dari hasil kongres thn 1937.

    1. SARIBURAJA II(2)
    Memilikk 2 keturunan:
    a- Balasaribu
    b- Sangka somalida

    a- Balasaribu
    Memiliki 4 keturunan
    1a. TANJUNG
    2a. SAHANG MAIMA
    3a. DATU DALU
    4a. RAJA DOHANG
    2a. SAHANG MAIMA
    Memiliki 2 keturunan:
    _ PULUNGAN TUA
    _ TUMONGGO LUBIS.

    _TUMONGGO LUBIS
    Memiliki 3 keturunan:
    > Namora Pauk
    > Tuan Sogar
    > Manimbung Laut
    Terima kasih.

    Salam kenal, saya Tumonggo Lubis no7. Ayah saya no:6,Berasal dari asli Tano Batak.
    Yang lahir di Siborongborong.

    Nama saya Charles Lubis mempunyai 1 orang Putra,yg bernama: Axell Nathaniel Lubis.
    Horas......

    BalasHapus
  42. ayok kita kumpul dan buat perkumpulan mrga lubis... maubtoba atau selatan

    BalasHapus
  43. Aku pula nih, setelah nikah baru tau kalau kakek ku namanya David Lubis, terlihat dari akte kelahiran bokap yang lahir di sukabumi (maklum kakek seorang tentara dan meninggal saat bokap masih kecil) jadi asal usulnya sudah tidak jelas, dan bokap pun sudah tidak ada marga disematkan d namanya, mungkin karena saat lahir bukan kakek yang namain. Heheheheh

    BalasHapus
  44. namaku fakhrurozi lubis.. lagi dekat sama boru harahap...
    kok bou nya di kampung gak setuju dengan hubungan kami..
    padahal kami saling cinta..

    kami berdua tidak mengetahui secara jelas krn kami berdua lahir di pontianak.. dan ketemu dan menjalin hubungan di kota pontianak..

    kalau ikuti adat gak bisa.. tapi kalau agama kan sah-sah saja..
    gimana ya menurut yg ahli bisa menjelaskan..
    ada yg blg itu satu opung.. udah ada perjanjian terdahulu..
    karena kalau lahir anaknya bisa cacat...

    bukannya itu semua allah yg berkehendak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang tidak bisa karena Lubis dan Harahap adalah dongan tubu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Hi Ozzy. Saya Lubis ASLI dari Batak Mandailing, saya Lubis Batak Mandailing dari desa Pakantan, Kecamatan Muara Sipongi (Kuburan Bapak saya & semua Opung Doli saya ada di Mandailing Sana). Yg saya tahu dari Bapak saya, bahwa Raja Borbor Marsada punya 9 anak, yaitu : Tanjung, Lubis, Pulungan, Harahap, Batubara, Manik, Ambarita, Gurning, Pasaribu.. Yg kelak nama anak2 nya ini, akan menjadi Marga-marga nya orang Batak, baik yg msh menetap di tanah Batak Toba, ataupun yg sudah merantau ke tanah Batak Mandailing, Batak Simalungun, dlsb nya.. Maka nya ke-9 Marga tsb tetap dalam kesatuan msh satu keluarga dongan tubu, tidak bisa saling menikah, krn sama2 anak-anak nya Raja Borbor Marsada, jelas ya dek. Maka nya saya heran dg yg nulis artikel diatas ini, kok bisa2 nya bilang klo Lubis itu berasal dari Bugis ? Research Ilmiah nya (yg bisa dipertanggung-jawabkan) dari mana itu ya ? . Logika sederhana nya, klo misal nya Lubis itu berasal dari Bugis, kok bisa2 nya msh berhubungan dg ke-9 marga-marga di Batak Toba, bahwa ke-9 Marga2 ini adl anak2 nya Raja Borbor Marsada, sehingga smpe kapanpun ke-9 Marga2 ini tidak boleh saling menikah, krn msh saudara, yaitu msh keturunn dari 9 marga2 Anak2 nya Raja Borbor Marsada, klo misal nya benar Lubis dari Bugis, ya udah 'sikat' saja adek menikah dg Harahap, tapi secara Adat Batak gak bisa kan ? Hanya bisa secara Agama,.. Nah itu adl Bukti Logika Sederhana nya saja, bahwa Lubis BUKAN berasal dari Bugis, tapi Lubis berasal dr Batak Toba,sehingga Lubis msh ada hubungan msh bessaudara dg ke 9 marga2 yg ada di Batak Toba, yaitu Lubis adl salah-satu dari ke 9 Anak2 nya Raja Borbor Marsada : Tanjung, Lubis, Pulungan, Harahap, Batubara, Manik, Ambarita, Gurning, Pasaribu.

      Hapus
    4. Asalammualaiku saudaraku semarga lubis aku bernama andy sangkot lubis .kata ompungku asal kami dari kota nopan lombang .jadi disini aku tidak bisa berpihak kemanapun yg konon katanya lubis dari batak toba dan dari bugis.kitaharus berpikir secara logika ..apakah manusia yg pertama itu bisa ada di toba? .sementara kita sama samatahu .manusia pertama mendarat di pesisir panta bukan di toba .kita manusia adalah pelarian dari cina daratan dan dari hindia belakang serta sebahagian dari turki .jadi saudaraka berpikirlah secara logika jangan katanya katanya

      Hapus
  45. Saya AL ASRI LUBIS BIN RAJUDIN LUBIS berasal dari malaysia. Saya pun mahu tahu jugak keturunan LUBIS ini berasal dari mana kerana ayah saya sudah berpisah sama ibu saya sejak saya kecil lagi. Cuma yang saya tahu saya keturunan RAJA LUBIS kerana nama Penuh ayah saya RAJUDIN LUBIS BIN RAJA MUDA.kalau ada yang tahu tolong bagi penjelasan ya. Terima kasih

    BalasHapus
  46. Ada yg dari saba dolok? Saya lubis...lg nyari jejak leluhur saya

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum...
    Saya merupakan salah satu keturunan marga Lubis yang tinggal di tanah Melayu Riau.

    Ijin buat semuanya, saya kira kita tidak perlu memperdebatkan masalah marga dan suku. Lubis itu adalah sebuah marga, jd tidak masalah menurut saya kalo marga Lubis bagian dari Batak. Karena Batak bukanlah suatu keyakinan atau agama.

    Contohnya saja Nabi Muhammad SAW, beliau seorang Nabi dan Rasul bermarga / Suku Qurays. Jd apa yang salah dengan marga / suku.

    trim's.

    BalasHapus
  48. Horas...Horas...Horas... Manumpak ma angka sahalani da opung .. horas angka pinompar ni si raja lubis.. tumonggo,jobit mangaraja,namora pande bosi dohot pinomparni janji angkola na martua sian sundut pa optahon....
    .
    .
    . Maaf ... terimakasih kepada kita telah berniat mencari dan meluruskan sejarah , sedikit dari aku, lubis dahulu nya adalah penghuni terbesar daerah tapanuli ( danau toba ) krna keperluan logistik dsb berpencar lah hingga ke selatan,, jadi lubis semua berasal dari toba, supaya di tegaskan.. semua lubis berasal dari toba,, jadi jika ada yg baru tau atau bertanya apakah ada lubis dri toba, saya tekankan ada. semua yg berasal dari luar toba, itu krna dulu nya merantau..
    . saya sendiri lubis dari toba lebih jelasnya, Tumonggo . semua sejarah dan perjalanan opung sahangmaima ( leluhur lubis ) telah di klarifikasi dan di luruskan oleh hasandaran Nya pada saat peresmian tugu ,makamNya dengan tugu pasaribu, di lumban gurning ,porsea,kab.tobasa. Mauliate, horas,!

    BalasHapus
  49. saya marga lubis ,, saya lubis toba ,, saya mengakui saya batak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bang, saya juga irg ASLI Batak mandailing dari desa Pakantan, Kecamatan Muara Sipongi, mengakui klo semua nenek-moyang Batak Mandailing itu dari Batak Toba. Horas Madihita Saluhut na

      Hapus
    2. Sy keturunan jobit mangaraja, haunatas, cabang jakarta

      Hapus
  50. Dari tulisan diatas ada kalimat yang membingungkan, yaitu "Muara Soro, tempat akhirnya sang ayam dimangsa singa, hingga Lubis yang berasal dari Muara Soro sering dijuluki Lubis Singa Soro", ternyata ada juga SINGA di Mandailing.. hahaha... Bukanya habitat singa itu di Padang rumput yang luas

    BalasHapus
  51. Bagi Marga Lubis Mandailing, yang belum pernah berziarah ke makam leluhur Namora Pande Bosi (Daeng Malela III), makamnya di Sigalangan Kabupaten Tapsel. Dimakamnya dijelaskan On ma Amang ni Langkitang dohot Baitang asal ni Lubis Singengu dohot Singasoro.

    BalasHapus
  52. Namora Pande Bosi Peradabannya pada Abad Ke XIII, dalam Buku Negera Kertagama yang dikarang oleh Empu Prapanca bahwa Kerajaan Mandailing sudah diakui oleh Kerajaan Majapahit pada Abad ke XIII.

    BalasHapus
  53. Dari Situs Mandailingonline.

    http://www.mandailingonline.com/mandailing-bukan-batak/

    BalasHapus
  54. heheheh...mari nikmati keragaman....jangan ngotot itu saja, karena perkawinan , pemberian marga bias saja terjadi dahulu ....namun ada yang menyimpang atau manimbil itu yang perlu diluruskan...

    kalau teringat Mandailing, Pakpak, Angkola, Toba, Dairi,SImalungun itukan nama daerah nama wilayah dan menjadi sub etnik dari suku Batak.

    Janganlah lupa sama kulitnya, begitu susah halak Batak do au dabo, alai tingki sonang asing hatana: "beda do hami da sian halaki"

    __mungkin ya, ada sedikit rasa kesal orang Selatan terhadap orang Toba atau dari utara karena beberapa oknum kalau bicara mengenai orang Selatan kesannya tidak mengerti asal usul,>>>kita abaikan saja komentar orang seperti itu...mari ingat Ompungta marserak ujui supaya bisa berkembang keturunannya.

    Mari kita teliti dan renungkan kembali adanya Marga dan Aksara sudah menandakan adanya Batak dan wilayahnya.

    BalasHapus
  55. Yang membuat postingan ini kemungkinan hanya Copas
    Cerita diatas hanya Rekayasa sejarah, untuk memisahkan diri dari Batak.
    Ayah saya bercerita, bahwa tokoh Lubis dulu bernama Brgijen. Manaf Lubis, dari Mandailing. Dia mengakui, bahwa Lubis berasal dari satu leluhur di Toba. Cucu dari Sang maima-ima Lubis bernama Namora Pade Bosi merantau ke Selatan, yaitu ke Mandailing.
    Konyol kalau Lubis dikatakan berasal dari Bugis, tidak ada persamaam Bugis dan Lubis, baik Bahasa, Budaya, Aksara, Adat dll.
    Yang mengatakan Lubis dari Bugis adalah Hoax.
    Saya Lubis dari Tano Tombangan Madina, tarombo saya jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang, yg bikin cerita ini mengarang, asal Copy-Paste, tidak tahu sejarah & tidak pakai Research Ilmiah yg bisa dipertanggung-jawabkan 'seolah-olah' berusaha memisahkan Lubis dari Batak, pdhl dari Bahasa, pakaian Adat, rumah adat nya nya aja sudah gak nyambung dg Bugis? Heran saya kok bisa2 nya ya bilang Lubis dari Bugis, RESEARCH ILMIAH nya dari mana itu ya? . Saya yg org ASLI Batak MANDAILING dari deaa Pakantan,
      kecamatan Muara Sipongi & segenap kampung kmi mengakui kok klo semua Lubis Mandailing itu,
      nenek moyang nya berasal dari Batak Toba. Karena raja Lubis di Batak Toba pny 3 anak, nah semua Lubis yg di Batak Mandailing itu keturunan dr anak yg ke-3 (paling kecil) yaitu : Lubis Butuhabosi, ato klo kami sbg org Batak Mandailing bilang Lubis Namora Pandebosi , jadi justru Lubis Batak Toba banyak banget.
      Raja Lubis punya 3 anak : anak pertama Tumonggo Lubis (di Batak Toba), anak kedua Jovit Mangaraja (di Batak TOba, banyak di kota Hanuatas), anak ketiga Butohabosi, nah Lubis Butohabosi ini punya 4 anak, anak ke-1 & ke-2 tetap di Batak TOba, lalu Namora Pandebosi dengan anak ke-3 (Baitang)& ke-4 (Langkitang) ikut bapak nya merantau ke Mandailing.. itulah yg menjadi kenapa banyak Lubis di Mandailing,.. tapi tetap lebih banyak yg di Batak Toba, karena hal diatas

      Hapus
  56. Kami pun Batak malu ngakuiin kalian Batak
    Camkan itu!!!

    BalasHapus
  57. Itu mandailing pake dalihan na tolu juga toh?

    BalasHapus
  58. Sttabi Parilmu tinggi na adong pinomppar Raja Lubis Sedunia,

    Aku Lubis Dari perkampungan paling dalam atau disebut Gunung diatasi Gunung, sejarah dan asal usul marga Lubis udah aku tahu,

    Lubis berasal dari Batak Toba bukan dari Bugis dan sebagainya.

    Lubis ada 3 generasi:

    Op.SARIBU RAJA istri Boru Pareme anak pertama (1) :
    Raja SangMaima I istri pertama Datu Pulunguan Tua Lubis,anak pertama :
    Raja Borbor (Raja Iborboron)
    anak dari Raja Borbor :
    - Lubis (disebut) Alogo (Angin/Hujan)
    Generasi Raja Lubis 3 :

    Generasi Lubis 1 :
    Datu,Opung,Tuan,Raja Siahaan Lubis (N. Lubis)

    Generasi ke-2 anak dari generasi 1

    Generasi ke-3 :
    - Tumonggo Lubis
    - Jobit MangaRaja Lubis
    - Namora Pande Bosi (Batu Bosi)

    - Pasaribu (Tapanuli)
    - Sipahutar
    - Rambe
    - Harahap
    - Tanjung
    - Pulunguan


    Istri kedua dari Raja SangMaima adalah Datu Dalu (Pasaribu)
    Pasaribu Ada 3 Generasi :
    Pasaribu (Tapanuli)
    Pasaribu (Samosir) Anak na 3 :
    - Habehaan
    - Binsar
    - Gorat

    Anak Kedua (2) :
    Raja Lottung

    Tolong bagi yg ngaku ngerti masalah asal usul Tarombo Raja Lubis jgn asal dibuat-buat, karna Ada efek samping ke kita. Bukan sembarang bikin kayak gituan. Bagi yg pengen belajar tarombo Raja Lubis, belajar dari opung2 kita, bukan dari media sosial atau disebut Opung google, emang opung google itu opung kalian marga Lubis,

    Dari media sosial lah yg bisa bikin perusuhan atau berangan masalah adat istiadat.

    Maaf kalau ada kata kasar buat kita semuanya, semoga ini yg terakhir dan pertama kali kita berkomunikasi, itu msh sebagian besar yg aku ksh Thu tentang marga Lubis, info selanjutnya bisa kita berjumpa dgn secara lnglangs, bukan melainkan media sosial. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas ABG... AU porlu memahami Lubis ABG... Jala AU marga Lubis. Takkas do nian. Huboto Lubis hu. Ale AU naeng memperdalami popparan ni Lubis ABG.. mohon Jo abg..🙏🙏 porlu do i AU i... Abang nion no w.a hu ABG.. 082174677745

      Hapus
  59. Saya mau bertanya apakah marga Nasution bisa menikah dengan baru lubis, mohon jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata nenek saya kalo agama islam gpp nikah semarga pun,kan kita ikut aturan agama bukan menurut marga.

      Hapus
  60. Yg bilang tak ada lubis batak toba itu tak tau dia berarti silsilah marga lubis, maetorombo..saalam si marga lubis ..assalammu'alaikum ...

    BalasHapus
  61. Intinya semua org batak yg ada dimana mana,di dunia ini asal nya dari TOBA.. (tanah orang batak asli) Saya marga lubis dari Toba
    Lubis saya jobit mangaraja
    Horas..

    BalasHapus
  62. Saya bukan orang batak karena bapak saya org minang,mama saya orang medan (ibu nya bermarga Lubis asal dari Tanjung Balai Asahan) dan bapaknya orang Manado islam tepatnya kotamobagu arah ke Gorontalo. Dari kecil saya sering banget denger kata2 kami marga Lubis tapi kami bukan batak, batak itu Kristen kami islam. Gitu kata nenek saya. Keluarga nenek tinggal di Medan kota. Dan adik saya yg Laki2 pun nikah sama orang mandailing bermarga Lubis.

    BalasHapus
  63. Sedangkan Lubis itukan nama marga batak ,tapi nenek saya ga mau dibilang orang batak,saya mah iya2 aja,kan saya bukan orang batak hehehe mama saya juga ga dapet marga karena bapaknya org manado fam nya baham subuh. Kalo saya mah orang Indonesia raya aje dah hehehe

    BalasHapus
  64. Tolong bantu saya, saya kehilangan jejek leluhur saya dimandailing kota nopan. Kata bpak saya kami ini bermarga lubis. Dan kami masih memiliki tanah sedikit dipasar kota nopan, yang sekrng sdh ramai orang- orang berjualan disekitar daerah itu,menurut ayah saya, opung saya dahulunya pernah tinggal didesa jamhurtarutung!kota nopan, sblum merantau kemedan, Nama saya aslam indo lubis bin M. Syukur amri lubis bin bachtiar lubis bin Djasaem lubis bergelar St.Mangaraja laut lubis.. Bagi yg menemukan silsilah turunan saya tolong kirim pesannya lewat WA saya, 088210589453, Trima kasih, salam kekeluargaan, Horas..!!!

    BalasHapus
  65. Moyang marga lubis daeng mabela (sutan muhammadsyah)
    Anak pasangan arung maruba dg puti kabariah.

    Puti kabariah
    Anak sultan firmansya/sultan usmansyah dg ranit jintan dari tanah toraja.

    Moyangnya dari kerajaan indrapura
    Yaitu dari istana gandolayu muarasakai ujung tanjung

    BalasHapus
  66. Lubis adalah percampuran bugis,toraja,minang kabau pantaibarat&minang lubu

    BalasHapus
  67. Salah satu anak daeng malela adalah
    Sutan bugis
    Dari bugis imi menjadi lubis.
    Inilah yg menjadi marga LUBIS

    ini dapat disimak dari tarombo dr.ir hamzah lubis
    Dan juga sejarah kerajaan indrapura alam minangkanau

    BalasHapus
  68. Sultan ibrahim dari tarusan keturunan raja indrapura(minang pantai barat) dan kerajaan pagaruyung.


    Sedikt banyaknya mewarnai sejarah marga-marga batak&mandailing
    Antara lain
    #Marga nasution =maharaja sati
    #pasaribu=dari bala tentara sutan ibrahim yg ber jumlah seribu
    #sitorus=pasaribu hatorusan
    #pane=dari pengikut pengikut sultan ibrahim dari suku panai dipesisir selatan yg juga moyangnya dari kerajaan panai.
    #tanjung=suku tanjung diminag yg lebih dari 55%nagari nagari memiliki suku ini.

    BalasHapus
  69. Saya mau nyarik bapak saya.yg saya tidak kenal n tdak ketemu selama 35 thun.perpisahan saya dgn bapak syg di krnakan perspisahan kedua orng tuaku.bapak saya nama a rahmat samsul lubis.tinggal yg saya ketahui menurud imformasi di seputaran simpang limun medan.kira2 ada gak persatuan marga lubis simpang limun.

    BalasHapus
  70. Klo ada petunjuk mohon komfirmsi ke saya.mohon bantuan ya soudara saya yang marga lubis

    BalasHapus
  71. Assalamualikum wr wb
    saya mau bertanya marga tertua antara marga lubis dengan pasaribu?
    dan saya mau tau saudara saudara selain marga lubis apa aja marga lainnya?

    BalasHapus
  72. Horas abg2q skalian,maaf skedar ingin mengkoreksi Bkn mksd yg lain2 Ada td yg menyatakan manik itu borbor,itu slh karna manik itu bkn termasuk borbor karna borbor itu keturunan Dr sariburaja smentara manik itu keturunan Dr silau Raja.keturunan silauraja Ada 4 yaitu Malau,manik,ambarita,gurning tp jika diblg bersaudara y karna silauraja adlh adik bungsu Dr sariburaja

    BalasHapus
  73. Horas abg2 skalian Saya Marga manik,yg td mengkoreksi soal manik bkn termasuk borbor

    BalasHapus
  74. Horas abg2 Saya Marga manik yg mengkoreksi soal manik bkn borbor

    BalasHapus
  75. Horas akkang/ anggi. memang keturunan marga borbor banyak merantau sehingga setelah beberapa generasi muncul pengakuan marga dari daerah tertentu. Saya marga tanjung, dari lobu hole Kec. Parsoburan Tobasa, saya berkenalan dengan marga tanjung juga yang mengaku dari Pakkat, demikian juga ada dari Pahae Tarutung, selanjutnya ada dari Barus dan terakhir ada suku tanjung dari Padang. mari sama sama kita cari tahu dari mana asalnya. semoga mempererat persaudaraan. Tanjung dari manapun lebel ini sudah ada pada nama saudaraku. Lubis dari manapun lebel ini sudah ada dibelakang nama abang sekalian. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  76. Saya punya tarombo lubis keturunan dari alm.ayah saya . Buku yang di cetak sma alm. Abng ayah saya

    BalasHapus
  77. Saya mw nnyak ,klau Lubis dengan Harahap apa boleh menikah?

    BalasHapus
  78. Kalau mau dibikin perkumpulan marga Lubis boleh, tapi terpisah aja bagi marga Lubis yg beragama Islam buat perkumpulanya sendiri, dan Lubis yg tidak beragama Islam buat perkumpulanya sendiri, supaya masing2 nyaman

    BalasHapus
  79. Saya; Maripin sagala dari Harianboho, Kab.Samosir.
    Saudara / i yg saya hormati.mengingat komen2 yg diatas, akan saya coba memperjelas:
    1. Lubis dgn Harahap tdk boleh menikah berdasarkan adat atau keturunan atau kesepakatan nenek moyang kita dahulu.
    2.BORBOR BERSATU ( BORBOR MARSADA )
    HANYA DARI KETURUNAN SARIBURAJA,
    ADA 20 MARGA.
    3. TIDAK BOLEH IKUT DARI KETURUNAN:
    a. Limbong Mulana
    b. Sagala Raja
    c. Silau Raja
    TETAPI
    KETURUNAN DAENG MAMARATA GLR, NAIMARATA GLR GURU TATEA BULAN,BOLEH MENJADI NAIMARATA.
    KENAPA TDK BOLEH KETURUNAN; LIMBONG MAULANA, SAGALA RAJA, SILAU RAJA, MENJADI BORBOR?.
    JAWABNYA ADALAH....
    RAJA BORBOR ADALAH PRONAKAN LIMBONG, SAGALA DAN SILAU RAJA. TIDAK ADA BAPA MENGIKUTI GLR ANAK. ANAKNYA YG MENGIKUTI GLR BAPA.
    JADI: KALAU BERDASARKAN AGAMA BOLEH. MENURUT AGAMA ASAL JANGAN SATU IBU.
    4. LUBIS BERASAL DARI TOBA.
    5. SEMUA MARGA MUNGKIN ADA YG TDK ASLI
    CONTOH: MANTU LAKI2 DIBIKIN MARGA
    TAPI HARUS SAH SECARA ADAT

    BalasHapus
  80. Beratti lubis dengan limbong tidak boleh menikah ya min, masih kurang paham.

    BalasHapus
  81. Aan,cerita mu dari mana kau dapat cerita marga lubis berasal dari bugis ,,aku marga lubis lahir di pasaman barat ,,tapi tarombo kami masih tulisan batak toba ,,bukan tulisan bugis ,,trima kasih

    BalasHapus
  82. Asal nya marga Lubis dari Toba, nama leluhurnya datu sangmaima(datu Pulungan tua) tdk ada yang lain

    BalasHapus
  83. Ro amu t bgas anso di patigor tutur munu..

    BalasHapus
  84. Bang aan sesekali jalan2 ke lumbanrau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, saya pernah kesitu, di Aek ulok, Lumban rao, kec borbor

      Hapus